Template Blogger Terbaik Rekomendasi
+1 vote
403 views
in Sistem Terdistribusi by (0 points)
recategorized by
Tuliskan dan jelaskan minimal 3 tipe sistem terdistribusi !

40 Answers

0 votes
by
edited

1.Sistem komputasi terdistribusi

Sistem komputer terdistribusi adalah tipe yang dibarkan untuk aplikasi tingkat tinggi yang sering diatur pada komputasi paralel. Dalam cluster komputasi perangkat keras yang mendasari terdiri dari kumpulan workstation yang sama atau PC, berhubungan erat bynmeans dari jaringan area kecepatan tinggi setempat. Selain itu, setiap node menjalankan sistem operasi yang sama. Grid komputasi adalah subkelompok ini terdiri dari sistem terdistribusi yang sering dibangun sebagai sebuah federasi dari sistem komputer, dimana setiap sistem bisa masuk ke dalam sebuah domain administrasi yang berbeda, dan mungkin sangat berbeda ketika datang ke perangkat keras, perangkat lunak, dan teknologi jaringan dikerahkan.

  • 2.Sistem informasi terdistribusi

Sistem informasi terdistribusi ditemukan dalam organisasi yang dihadapkan dengan kekayaan aplikasi jaringan, tetapi untuk yang interoperabilitas ternyata menjadi pengalaman yang kurang baik

  • 3.Sistem terdistribusi meluas

Sistem terdistribusi kita telah membahas sejauh ini sebagian besar ditandai dengan node stabilitas mereka tetap dan memiliki sambungan yang berkualitas baik lebih atau kurang permanen dan tinggi ke jaringan. Sistem terdistribusi meluas sering ditandai dengan menjadi kecil, bertenaga baterai, mobile dan memiliki wireless, namun tidak harus semua itu terdapat dalam satu sistem.

0 votes
by
Master dan Slave

Pada sistem master slave, arsitektur sistem tersebar terdiri atas satu mesin sebagai master dan mesin yang lain merupakan slave. Sebagai catatan tidak ada komunikasi data antar slave. Komunikasi hanya terjadi pada master menuju slave atau sebaliknya.

Peer to Peer

Pada tipe peer to peer tidak mengenal master dan slave. Komunikasi peer to peer seperti komunikasi yang terjadi pada topologi star.

Object terdistribusi
tipe ini dapat menjadikan sistem menjadi satu set object sehingga tidak ada perbedaan antara client
0 votes
by

4.Konsep P/K Terdistribusi

Multiprosesor

Yaitu konsep dimana sebuah komputer dengan beberapa prosesor. Beberapa prosesor-prosesor tersebut mengakses memori yang sama sehingga konsep ini lebih sulit untuk dibuat, namun interkoneksi dari konsep multiprocessor ini lebih cepat.

Multicomputer

Konsep ini merupakan konsep dimana beberapa PC terhubung dengan jaringan, yang mana setiap CPU memiliki memori sendiri-sendiri. Bebrbeda dengan konsep multiprosesor tadi, konsep ini lebih mudah dibangun, akan tetapi interkoneksinya lebih lambat. Gambar berikut menunjukkan multicomputer berbasis switch

Sistem multicomputer yang paling banyak digunakan dalam sistem terdistribusi adalah “Sistem Multicomputer Heterogen” dimana sistem ini memiliki perbedaan, yaitu baik dari prosesor, memori, I/O bandwidth dan jaringan.

DOS (Distributed Operating System)

Merupakan sistem yang dapat memanajemen komputer-komputer dan membuat “mereka”  tampak sebagai single komputer. Selain  itu sistem ini pula dapat menjalankan proses di komputer lain tanpa mengetahui siapa yang meresponnya serta mengatur sumber daya pada sistem terdistribusi.

NOS (Network Operating System)

NOS merupakan sistem dimana setiap host menjalankan sistem operasi untuk mengatur sumber daya yang dimilikinya termasuk mengakses sumber daya di jaringan. Untuk mengakses resource jaringan tersebut dengan menggunakan NFS (Network File System) serta Samba  (implementasi protokol SMB di Win & Linux). Selain itu dengan NOS maka Pengguna dapat mengakses suatu proses di komputer lain dengan login ke telnet/ssh.

0 votes
by

1.Model Client servis

1.Sistem client-server mempunyai satu atau lebih proses client dan satu atau lebih proses server, dan sebuah proses client dapat mengirim query ke sembarang proses server. Client bertanggung jawab pada antar muka untuk user, sedangkan server mengatur data dan mengeksekusi transaksi. Sehingga suatu proses client berjalan pada sebuah personal computer dan mengirim query ke sebuah server yang berjalan pada mainframe.

Arsitektur ini menjadi sangat popular untuk beberapa alasan. Pertama, implementasi yang relatif sederhana karena pembagian fungsi yang baik dan karena server tersentralisasi. Kedua, mesin server yang mahal utilisasinya tidak terpengaruh pada interaksi pemakai, meskipun mesin client tidak mahal. Ketiga, pemakai dapat menjalankan antarmuka berbasis grafis sehingga pemakai lebih mudah dibandingkan antar muka pada server yang tidak user-friendly. perlu diingat batasan antara client dan server dan untuk menjaga komunikasi antara keduanya yang berorientasi himpunan. Khususnya membuka kursor dan mengambil tupel pada satu waktu membangkitkan beberapa pesan dan dapat diabaikan.

2.Model Proxy server

Proxy server menyediakan hasil copy (replikasi) dari resource yang di atur oleh server lain. Biasa nya proxy server di pakai untuk menyimpan hasil copy web resources. Ketika client melakukan request ke server, hal yang pertama dilakukan adalah memeriksa proxy server apakah yang diminta oleh client terdapat pada proxy server. Proxy server dapat diletakkan pada setiap client atau dapat di pakai bersama oleh beberapa client. Tujuannya adalah meningkatkan performance dan availibity dengan mencegah frekwensi akses ke server.

3.)Model Multiple server

Merupakan model Sistem terdistribusi yang disediakan oleh beberapa Server

0 votes
by

1. Sistem komputasi terdistribusi

Sistem komputer terdistribusi adalah tipe yang dibarkan untuk aplikasi tingkat tinggi yang sering diatur pada komputasi paralel. Dalam cluster komputasi perangkat keras yang mendasari terdiri dari kumpulan workstation yang sama atau PC, berhubungan erat bynmeans dari jaringan area kecepatan tinggi setempat. Selain itu, setiap node menjalankan sistem operasi yang sama. Grid komputasi adalah subkelompok ini terdiri dari sistem terdistribusi yang sering dibangun sebagai sebuah federasi dari sistem komputer, dimana setiap sistem bisa masuk ke dalam sebuah domain administrasi yang berbeda, dan mungkin sangat berbeda ketika datang ke perangkat keras, perangkat lunak, dan teknologi jaringan dikerahkan.

2. Sistem informasi terdistribusi

Sistem informasi terdistribusi ditemukan dalam organisasi yang dihadapkan dengan kekayaan aplikasi jaringan, tetapi untuk yang interoperabilitas ternyata menjadi pengalaman yang kurang baik

3. Sistem terdistribusi meluas

Sistem terdistribusi kita telah membahas sejauh ini sebagian besar ditandai dengan node stabilitas mereka tetap dan memiliki sambungan yang berkualitas baik lebih atau kurang permanen dan tinggi ke jaringan. Sistem terdistribusi meluas sering ditandai dengan menjadi kecil, bertenaga baterai, mobile dan memiliki wireless, namun tidak harus semua itu terdapat dalam satu sistem.

0 votes
by

4.      <!--[endif]-->3 Tipe / model Sistem Terdistribusi dan penjelasannya

<!--[if !supportLists]-->·                     <!--[endif]-->Sistem client – server

Merupakan bagian dari model sistem terdistribusi yang membagi jaringan berdasarkan pemberi dan penerima jasa layanan. Pada sebuah jaringan akan didapatkan: file server, time server, directory server, printer server, dan seterusnya.

<!--[if !supportLists]-->·                     <!--[endif]-->Sistem point to point

Merupakan bagian dari model sistem terdistribusi dimana sistem dapat sekaligus berfungsi sebagai client maupun server.

<!--[if !supportLists]-->·                     <!--[endif]-->Sistem terkluster

Adalah gabungan dari beberapa sistem individual (komputer) yang dikumpulkan pada suatu lokasi, saling berbagi tempat penyimpanan data (storage), dan saling terhubung dalam jaringan lokal (Local Area Network). Sistem kluster memiliki persamaan dengan sistem paralel dalam hal menggabungkan beberapa CPU untuk meningkatkan kinerja komputasi. Jika salah satu mesin mengalami masalah dalam menjalankan tugas maka mesin lain dapat mengambil alih pelaksanaan tugas itu. Dengan demikian, sistem akan lebih handal dan fault tolerant dalam melakukan komputasi.Dalam hal jaringan, sistem kluster mirip dengan sistem terdistribusi (distributed system). Bedanya, jika jaringan pada sistem terdistribusi melingkupi komputer-komputer yang lokasinya tersebar maka jaringan pada sistem kluster menghubungkan banyak komputer yang dikumpulkan dalam satu tempat.

 

0 votes
by
1.Arsitektur Three Tier
Arsitektur Three-Tier adalah model yang membagi fungsionalitas ke dalam lapisan lapisan, aplikasi - aplikasi mendapatkan skalabilitas, keterbaharuan, dan keamanan. Arsitektur Three-tier merupakan inovasi dari arsitektur client/server

2.Tightly coupled (clustered)
Umumnya mengacu ke suatu cluster mesin yang bekerja bersama secara erat (closely), menjalankan suatu shared process secara paralel. Task dibagi ke dalam beberapa bagian terpisah dan kemudian secara bersama-sama menggabungkan hasil proses untuk memperoleh hasil akhir tunggal.

3. Space based
Mengacu ke suatu infrastruktur yang membuat ilusi atau virtualisasi dari satu ruang-alamat (address-space) tunggal. Data secara transparan direplikasi sesuai dengan kebutuhan aplikasi.
0 votes
by

Model Sistem Terdistribusi

1. Model Multiple Server

 Model ini mempunyai service yang menyediakan beberapa server

 Contoh Penerapannya :

 - Sebuah website yang dijalankan di beberapa server

 - Sebuah server menerapkan sistem replikasi atau database terdistribusi

2. Model Proxy Server 

Proxy server ini merupakan model yang menyediakan hasil replikasi/copy dari sumber/resource yang diatur oleh server.  Model ini biasanya dipakai untuk menyimpan hasil copy web resources. Proxy server dapat di terapkan pada setiap client atau dapat digunakan bersamaan oleh beberapa client, Tujuannya untuk meningkatkan performance dan availibity dan mencegah frekuensi akses ke server

Contoh penerapan, Searching satu topik namun dilakukan dua kali maka searching terakhir memiliki waktu yang lebih kecil

3. Model Peer to Peer

Model ini merupakan model dimana sistem sekaligus berfungsi menjadi client maupun server. Sebuah model ini tidak terdapat mesin khusus yang melayani suatu task tertentu atau mengatur sumber daya jaringan dan semua kewajiban dibagi rata ke semua mesin. Sistem komunikasi  yang digunakan berdasarkan aplikasi yang dipakai. Model ini merupakan  model yang paling general dan fleksibel.

4. Model Mobile Agent

Sebuah model yang mempunyai program yang berpindah dari satu mesin/komputer  ke mesin yang lain.

Contoh Penerapan, Melakukan pemeliharaan dan penginstallan software pada komputer di ruang lingkup yang besar seperti organisasi

0 votes
by

1. Proxy Server

Proxy server menyediakan hasil copy (replikasi) dari resource yang di atur oleh server lain. Biasa nya proxy server di gunakan untuk menyimpan hasil copy web resources.

2. Client Server

Sistem ini mempunyai satu atau lebih proses client dan satu atau lebih proses server, dan juga sebuah proses client biasanya mengirim query ke sembarang proses server. Client bertanggung jawab di antar muka untuk user, sedangkan server mengatur data dan juga mengeksekusi transaaksi. 

3. Peer to Peer
dimana sistem bisa sekaligus berfungsi sebagai client maupun server.Pola komunikasi yang digunakan berdasarkan aplikasi yang digunakan. Peer-to-peer adalah model yang paling general dan fleksible.

4. Mobile Code

Kode yang berpindah dan dijalankan pada pc yang berbeda

5. Mobile Agent

Sebuah program yang berpindah dari satu komputer ke komputer yang lainnya dan Melakukan perkerjaan yang otomatis.

0 votes
by

Model Client Server

Sistem Client-server ini mempunyai satu atau lebih proses client dan satu atau lebih proses server, dan juga sebuah proses client biasanya mengirim query ke sembarang proses server. Client bertanggung jawab di antar muka untuk user, sedangkan server mengatur data dan juga mengeksekusi transaaksi. Sehingga suatu proses client berjalan di sebuah personal computer dan juga mengirim query ke sebuah server yang berjalan pada mainframe.


Aarsitektur jenis ini menjadi sangat popular untuk beberapa alasan. Pertama, ialah  implementasi yang relatif sederhana karena pembagian fungsi yang baik dan karena server tersentralisasi. Yang Kedua, mesin server yang cukup mahal utilisasinya tidak terperngaruh pada interaksi pemakai. Meskipun mesin client tidak terlalu mahal. Ketiga adalah, pemakai dapat menjalankan antarmuka berbasis grafis maka dari itu pemakailebih mudah dibandingkan antar muka pada server yang tidak user-friendl, perlu diingat batasan antara client dan juga server dan untuk menjaga komunikasi antara keduanya yang berorientasi himpunan. Khususnya untuk membuka kursor dan mengambil tupel pada satu waktu membangkitkan beberapa pesan dan bisa diabaikan.

Model Proxy Server

Proxy server menyediakan hasil copy (replikasi) dari resource yang di atur oleh server lain. Biasa nya proxy server di gunakan untuk menyimpan hasil copy web resources. Apabila client melakukan request ke server, hal yang pertama dilakukan ialah memeriksa proxy server apakah yang diminta oleh client terdapat pada proxy server. Proxy server bisa diletakkan pada setiap client atau bisa di pakai bersama oleh beberapa client. Tujuannya ialah meningkatkan performance dan availibity dengan mencegah frekwensi akses ke server.

Model Peer To Peer

Bagian dari model sistem terdistribusi dimana sistem bisa sekaligus berfungsi sebagai client maupun server. Sebuah arsitektur di mana tidak terdapat mesin khusus yang melayani suatu pelayanan tertentu ataupun mengatur sumber daya dalam jaringan dan semua kewajiban dibagi rata ke seluruh mesin, yang dikenal dengan peer. Pola komunikasi yang digunakan berdasarkan aplikasi yang digunakan. Peer-to-peer adalah model yang paling general dan fleksible.

16.2k questions

6.1k answers

675 comments

25.9k users

Welcome to QAnswerHub, where you can ask questions and receive answers from other members of the community. Please Support Us and Follow the link instructions to post a questions.

--------------------------------

Selamat datang di QAnswerHub, tempat Anda dapat mengajukan pertanyaan dan menerima jawaban dari anggota komunitas lainnya.

...